Bagaimana Cara Menyambungkan PC atau Laptop dengan TV

Posted on
  • 08 May 2011
  • by
  • vick brutus
  • in
  • Labels: , ,
  • Beberapa tahun terakhir ini, kita telah melihat perkembangan yang luar biasa di bidang CGI. Perkembangan ini yang membuat efek visual dalam berbagai film dan efek tersebut yang memungkinkan para pembuat film dapat membawa imajinasi mereka ke layar perak tersebut sehingga terlihat nyata.

    Seiring dengan perkembangan teknologi akhir-akhir ini, penggunaan laptop pun berkembang pesat sehingga hampir setiap orang mempunyai laptop. Laptop bukan lagi menjadi barang mewah yang susah untuk dimiliki. Sekarang hampir semua aktifitas dilakukan dengan laptop, mulai dari menyelesaikan pekerjaan, mengerjakan tugas rumah, sampai dengan menghibur diri juga dilakukan dengan laptop seperti mendengarkan musik atau menonton film. Bicara tentang nonton film, biar bagaimanapun menonton film di laptop yang rata-rata memiliki ukuran layar 15", rasanya kurang menyenangkan.

    Mungkin kita selalu menginginkan untuk menonton apapun dalam layar plasma yang besar (HD-TV). Apakah itu film, game, atau sekedar berbagi foto-foto ber-resolusi tinggi dengan teman-teman kita. Hal ini juga tidak hanya berlaku untuk di rumah saja tapi juga di tempat kerja kita. Sebagai salah satu contohnya presentasi PowerPoint atau presentasi laporan pada layar besar yang melibatkan banyak audiens. Nah, dalam artikel ini, saya akan memberitahu beberapa cara menyambungkan komputer PC atau laptop ke layar TV.

    Ada beberapa cara untuk menyambungkan komputer PC atau Laptop ke Layar TV. Ini tergantung dari jenis Komputer PC/Laptop dan Layar TV itu sendiri, yaitu tergantung jenis konektor Port Input di TV dan konektor Port Output di Komputer PC/Laptop. Biasanya, kebanyakan TV telah menyediakan kabel koneksi agar TV tersebut dapat disambungkan dengan peralatan lain. Yang perlu kita lakukan hanyalah memeriksa jenis kabel tersebut, kemudian sambungkan TV dengan komputer dengan benar, sehingga ketika tersambung maka kita bisa menggunakan TV tersebut sebagai layar monitor komputer. Ada beberapa jenis kabel yang dapat digunakan, antara lain:

    1. Kabel S-Video










    Kita mulai dengan kabel S-Video, karena jenis ini yang paling umum dan banyak digunakan hampir di semua TV, baik itu jenis lama atau baru. Tapi cek dulu apakah Komputer PC atau Laptop yang akan kita sambungkan memiliki port S-Video atau tidak. Jenis kabel ini memiliki kelemahan, yaitu resolusi gambar yang ditampilkan rendah sehingga agak jelek atau buram, dan biasanya jenis kabel ini biasanya digunakan pada TV jenis lama.

    2. Kabel VGA










    Jika TV yang kita miliki lebih modern, maka akan lebih baik jika kita menyambungkannya dengan menggunakan kabel VGA. Berbeda dengan kabel S-Video diatas, kabel VGA ini akan menampilkan kualitas gambar lebih baik dan cara penyambungannya juga sangat mudah.

    3. Kabel DVI











    Mirip dengan jenis kabel VGA diatas, HD-TV biasanya juga dapat disambungkan dengan menggunakan kabel DVI (Digital Visual Interface) karena cara kerja HD-TV yang memiliki sinyal digital. Berbeda dengan jenis monitor CRT/TV yang lama yang memiliki sinyal analog, sehingga jenis monitor ini tidak dapat bekerja jika disambungkan dengan kabel DVI.
    Kualitas gambar yang ditampilkan oleh kabel DVI juga lebih bagus dari hasil S-Video dan VGA. Jika TV dan komputer yang dimiliki mempunyai port kabel DVI, maka akan lebih bagus jika disambungkan dengan kabel ini.

    4. Kabel HDMI











    Kabel HDMI telah menjadi standar dari HD-TV sekarang ini, sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik. Namun masalahnya adalah tidak banyak komputer PC/Laptop yang menyediakan port jenis HDMI. Agar komputer PC/Laptop dapat disambungkan dengan kabel HDMI, kita membutuhkan kabel adaptor DVI (Komputer) ke HDMI (TV). Sejak DVI dan HDMI menjadi teknologi yang compatible, cara ini menjadi cara yang terbaik untuk menyambungkan komputer PC/Laptop dengan layar TV, dan harganya pun tidak mahal.

    Setelah mengetahui beberapa jenis kabel untuk menyambungkan komputer PC/Laptop dengan layar TV, sekarang kita lihat port-port yang digunakan untuk kabel-kabel tadi:

    Beberapa jenis port: S-Video, VGA, DVI, dan HDMI











    Bagaimana Menyambungkan Kabel Audio ke TV?

    Jika kita menggunakan kabel S-Video ataupun VGA untuk menyambungkan Komputer PC/Laptop dengan TV, kita juga harus menyambungkan kabel Auido-nya secara terpisah. Berbeda dengan kabel DVI dan HDMI yang mengikut-sertakan kabel audio secara built-in, sedangkan kabel S-Video dan VGA tidak, maka kita perlu menyambungkannya secara terpisah.

    Kabel yang dibutuhkan adalah kabel RCA 3.55 mm dengan panjang 1.5 m untuk menyambungkan audio komputer dengan TV. Cara penyambungannya juga sangat mudah, yaitu pada ujung yang satu dipasang di komputer PC/Laptop pada sambungan yang biasanya digunakan untuk Speaker, sedangkan pada ujung yang satunya lagi, yang disambungkan ke TV, pasangkan pada bagian audio input.

    Kabel audio biasanya menggunakan warna merah dan putih yang menandakan speaker kiri dan kanan, jadi pastikan untuk memasang kabel dengan bagian yang benar.


    Bagaimana Cara Mendapatkan Gambar Ketika Kabel Tersambung di TV?

    Pada saat kabel terpasang ke TV dengan benar, maka pada saat yang bersamaan, sinyal gambar pada komputer akan dikirim ke TV. Namun gambar tersebut belum tentu ditampilkan secara otomatis. Untuk menampilkannya, jika menggunakan OS Windows 7, klik kanan pada Desktop dan pilih "Screen Resolution". Kemudian klik tombol "Detect" yang akan memerintahkan komputer untuk mecari monitor lain yang tersambung. Jika kita menggunakan kabel DVI atau HDMI, maka gambar akan langsung ditampilkan, tapi jika menggunakan kabel S-Video atau VGA, maka kita harus menggunakan pilihan "Try to connect anyway on VGA”.


    Jika sudah, click "OK", dan gambar akan ditampilkan di layar TV. Setting resolusi layar di komputer jika gambar belum tampil di layar TV.

    Jika OS-nya menggunakan Windows XP, caranya tidak jauh berbeda. Klik kanan di Desktop dan pilih "Graphics Options", kemudian pilih "Output to an external monitor". Jika semuanya terpasang dengan benar, maka gambar akan ditampilkan di layar TV.

    Diatas, adalah beberapa cara untuk menyambungkan komputer PC/Laptop dengan Layar TV. Jadi semuanya tergantung dari model TV dan Komputer/Laptop yang digunakan, serta dari kabel yang tersedia untuk digunakan.

    sumber: vikitech.com


    26 comments:

    Admin said...

    mau nanya nih mas... sy mau pasang PC ke 3 monitor TV LCD menggunakan kabel VGA.. akan tetapi jarak monitor dengan PC server lumayan jauh skitar 70 meter. nah gimana agar kulitas gambar tetap bagus. sy memasangnya menggunakan spliter dan kabel VGA? krn banyak temen yg bilang kalo terlalu jauh jaraknya kan mempengaruhi kualitas gambar.. ada juga temen yg bilang, kualitas gambar akan tetep bagus kalo di belikan Alat penguat sinyal VGA. kkatanya meskipun jaraknya smpe 100mtr tetep bagus hasil gambarnya. mohon jawabanya dan apa nama alat penguat sinyal VGA. ? mana lebih bagus pake kabel VGA apa Kabel HDMI? ditunggu jawabannya

    sakukurata said...

    Mantabb..Mks bgt mas tutornya,Lam kenal..:)

    panjhy dewenata said...

    keren mas...

    thanks atas tutornya....

    :) :)

    Anonymous said...

    saya mau tanya nih, bagaimana kualitas gambarnya bagusan pake kabel hdmi atau vga

    Anonymous said...

    saya mo tnya nich...sy kan dah smbungkan kabel VGA ke PC tpi ko tmpilan di tv cuma gambr doang n ga ada suaranya ya?gimana caranya biar ada suaranya juga di tv??

    Arif Irawan said...

    makasih gan,..sangat bermanfaat.

    MUHAMMAD said...

    matur nuwun, membaca tutorial anda jadi tahu beberapa alternatif untuk bereksperimen, thanks.

    Anonymous said...

    gimana kalau tampilannya gak fullscreen , kayak kepotong gitu ?

    Anonymous said...

    kabel itu beli nya dmna???

    Anonymous said...

    nanya nih mas, ane udeh konek pake kabel vga dari Zotac GTS 450, udah coba juga pake HDMI dari vga onboard, tapi gambar yg tampil dilayar tv lcd LG 32" berwarna hijau kebiru2an, ga clear kaya dimonitor lcd Samsung 21". Kenapa tu mas,

    makasih atas jawabannya.

    Razeva Rashkhan said...

    mas kalo make windows xp gimana ya?
    tolong pencerahannya dong......

    vick brutus said...

    Sementara sy coba dulu ya, nanti di-info kembali

    vick brutus said...

    "saya mau tanya nih, bagaimana kualitas gambarnya bagusan pake kabel hdmi atau vga"

    Klo dari dari jenis kabel yang sudah dijelaskan diatas, lebih bagus yang HDMI.

    vick brutus said...

    "kabel itu beli nya dmna???"

    Di Toko Komputer lah, masa di toko besi hehehe
    Di Toko komputer sudah banyak ko' tanya saja

    Anonymous said...

    penulis tak ingin di tanya

    Taufiq Ibnu Sani said...

    makasih ilmunya gan.... sangat bermanfaat

    Admin said...

    sip ��

    Anonymous said...

    kalau mengunakan kabel RJ45 atau LAN ada yang tau gak ya

    syaenders said...

    saya kan baru beli lcd terus masih punya cpu nah saya mau jadiin monitor tuh lcd... saya udah beli kabel hdmi to vga tapi tetep ga mau connect ya cpu nya..gimana caranya gan biar bisa tampil komputernya tuh lcd tv..

    syaenders said...

    saya kan baru beli lcd terus masih punya cpu nah saya mau jadiin monitor tuh lcd... saya udah beli kabel hdmi to vga tapi tetep ga mau connect ya cpu nya..gimana caranya gan biar bisa tampil komputernya tuh lcd tv..

    Admin said...

    Jika memasang kabel VGA-to-HDMI.nya dalam keadaan CPU menyala, cb shutdown kemudian nyalakan ulang. kalau masih tetap ga bisa coba cek VGA cardnya apa support utk monitor dengan HDMI (googling)..

    subhan riyadi said...

    Sy sdh coba dari monitor comp ke led tv, tapi tdk bisa paralel

    vick brutus said...

    TV-TV sekarang biasanya sdh dilengkapi dengan port HDMI, Apabila komputer yang dipakai juga tersedia HDMI output, maka bisa menggunakan kabel HDMI, pasangkan monitor ke komputer dalam keadaan mati.

    benny said...

    tnks infona

    Pikri Masterzz said...

    min saya punya laptop acer, colokan yg ada kabel vga.
    kira-kira bisa gak ya nyambung sama tv sharp 21 inc.

    thanks

    admin said...

    Nyambung tidaknya bukan tergantung merk, tapi media. Selama medianya terpenuhi antara kedua perangkat tersebut, pasti nyambung. Pertanyaannya adalah, di TV Sharp 21" mas bro terdapat port apa, jika ada HDMI, beli saja kabel VGA to HDMI.

    Post a Comment